Childhood is a short season!



Tulisan singkat ini muncul akibat banyaknya saya melihat keinginan orangtua yang begitu banyak kepada anaknya. Ingin anaknya menjadi ini, menjadi itu dan banyak lagi. Sehingga banyak orangtua yang memberikan pendidikan kepada anaknya diusia sedini mungkin, les ini les itu dan lain sebagainya. Padahal usia dini adalah usianya anak untuk bebas mengeksplore apapun yang diinginkannya selagi itu masih dalam ranah kebaikan.

Masa kecil adalah masa yang singkat!
Itulah alasan kenapa masa tumbuh kembangnya anak adalah masa yang sangat penting. Kebahagiaan saat masa kanak-kanak akan memberikan pengaruh positif bagi tumbuh kembang kognitif si anak mulai dari nilai diri, kemampuan sosial serta karakter anak di masa mendatang. Dengan bermain memungkinkan anak-anak untuk belajar dan berinteraksi dengan leluasa. Anak yang bahagia di masa kecilnya akan berpeluang menjadi individu yang memiliki emosi positif dan kepuasan hidup yang lebih tinggi di masa depannya.

Sebagai tempat pendidikan prasekolah, PAUD/RA adalah tempat bermain. Harus diluruskan agar PAUD/RA tidak memprioritaskan pelajaran membaca, menulis, dan berhitung (calistung) daripada karakter. Jika pada jenjang PAUD/RA diberi pelajaran calistung, anak-anak akan kehilangan masa kecilnya yang penuh kebahagiaan dan keceriaan. Pelajaran calistung akan menjerumuskan mereka pada gangguan psikologis. Itulah kenapa pembelajaran berbasis permainan sangat bagus dilakukan untuk usia dini.

"Ada banyak penelitian yang menyarankan jika Anda menginginkan anak yang lebih akademis, mulailah akademisi nanti-nanti saja. Itu salah satu teka-teki pendidikan. Sekolah itu seharusnya tidak dimulai sampai anak berusia 6 tahun". -Dr Tomas-
Dr Tomas percaya bermain menjadi cara terbaik anak-anak untuk mencari jawaban untuk diri mereka sendiri,dalam mendapatkan kompetensi penyelesaian masalah. Orang tua zaman now lebih banyak khawatirnya karena menginginkan anak-anak memiliki segalanya. (sumber: Parenting by hai Bunda)

Masa anak-anak adalah Masa Bermain. Berikan mereka peluang untuk selalu bahagia dimasanya. :))

Bagaimana memberikan kebahagiaan pada anak ??
1. Berikan kasih sayang dan cinta tanpa syarat.
2. Mulai kenalkan anak-anak dengan hal-hal baik sekecil apapun (baik dari sisi agama dan lainnya).
3. Penuhi anak dengan asupan makanan yang BerGizi dan makan tepat waktu
4. Perhatikan jam tidur/istrahat anak
5. Dukung kompetensi dan minat anak (selagi itu dalam kebaikan).

Edisi KKN - RA (Raudatul Athfal) Gili Air, Lombok Utara 🌻

Komentar

Postingan Populer